Pages

Senin, 01 September 2014

Curug Citiis


Sesuai dengan namanya Curug Citiis, memiliki suhu air yang dingin. Konon menurut legenda yang beredar di masyarakat, air terjun ini merupakan tempat bertemunya para raja dari seluruh pulau Jawa. Nama Curug Citiis ini sendiri berasal dari kata citiis yang artinya air dingin karena berdasarkan penuturan para penduduk sekitar suhu air dari Curug Citiis ini paling dingin sewilayah Garut.
Curug Citiis terletak di Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong, Kabupaten Garut Jawa Barat. dengan luas sekitar 30 m² dan berada pada ketinggian 1000 m di atas permukaan laut. Konfigurasi lahan pada umumnya berbukit-bukit dengan tingkat kemiringan yang agak curam, dan stabilitas tanah yang sedang. Penyinaran matahari rata-rata di kawasan ini dapat dibilang sedang karena masih terdapat banyak pohon yang rindang.
Pada musim kemarau debit air Curug Citiis berkurang. Kualitas lingkungan cukup baik dengan tingkat sanitasi yang baik dan bentang alam yang cukup indah. Sumber air Curug Citiis berasal dari Gunung Guntur yang mempunyai dua buah mata air, yaitu mata air panas yang mengalir ke daerah Cipanas, dan mata air dingin yang mengalir ke aliran curug Citiis.
Di tempat ini para wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas antara lain hiking, trekking, menikmati pemandangan, camping dan fotografi. Lokasi berada pada jarak sekitar 10 km dari ibukota kecamatan Tarogong, dan 15 km dari Garut Kota. Jarak terminal terdekat dari perkampungan terdekat yaitu Kampung Dukuh yang berada di kaki Gunung Guntur sekitar 5 km. Untuk menuju ke objek ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi hingga kaki Gunung Guntur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar